Research Repository of IAIN Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran accelerated learning cycle terhadap self concept matematis siswa kelas vii MTsN 1 Padangsidimpuan

Siregar, Rahma Hayati (2019) Pengaruh model pembelajaran accelerated learning cycle terhadap self concept matematis siswa kelas vii MTsN 1 Padangsidimpuan. Research Report. LPPM IAIN Padangsidimpuan, Padangsidimpuan. (Unpublished)

[img] Text
3.-Rahma-Hayati-Siregar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh self concept matematis siswa dalam belajar matematika masih belum terbentuk dengan self concept yang positif dan hal ini dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah faktor guru. Seorang guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, kreatif dan dinamis melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat salah satunya adalah model pembeljaran Accelerated Learning Cycle merupakan suatu model pembelajaran yang menciptakan sebuah lingkungan proses belajar yang bermakna dan mengedepankan munculnya emosi positif.
Rumusan masalahnya adalah Apakah terdapat penagaruh signifikan penerapan model pembelajaran accelerated learning cycle terhadap self concept matematis siswa?.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen, jenis desain eksperimen metode quasi experimental design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design di dua kelas berbeda yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol.. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan dan sampelnya kelas VII 3 berjumlah 32 siswa dan VII 11 berjumlah 34 siswa. Kemudian instrumen pengumpulan data adalah angket yang diberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah rumus statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji normalitas dan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test.
Sesuai dengan pengujian hipotesis yang menggunakan uji Paired Sample t-test diperoleh harga thitung = 37,177 yang lebih besar dari ttabel = 2,03452 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji t, dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Cycle terhadap Self Concept matematis siswa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Model Pembelajaran; Accelerated Learning Cycle; Self Concept Matematis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 01 Sep 2020 14:14
Last Modified: 01 Sep 2020 14:14
URI: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item