Research Repository of IAIN Padangsidimpuan

Peluang dan tantangan penerapan hukum pidana Islam di Kota Padangsidimpuan: Suatu analisis terhadap persepsi tokoh masyarakat di Kota Padangsidimpuan

Hendra, Gunawan (2019) Peluang dan tantangan penerapan hukum pidana Islam di Kota Padangsidimpuan: Suatu analisis terhadap persepsi tokoh masyarakat di Kota Padangsidimpuan. Research Report. LPPM IAIN Padangsidimpuan, Padangsidimpuan. (Unpublished)

[img] Text
15.-HENDRA-GUNAWAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Indonesia sudah banyak mengkodifikasi hukum Islam, ke dalam sistem perundang-undangan nasional terutama hukum perdata Islam mulai peraturan tentang perkawinan dan kewarisan sebagai akomodasi aspirasi umat Islam yang merupakan penduduk mayoritas di negeri pancasila tercinta ini, namun ketika tentang pidana Islam tidak berterima. Dalam penelitian ini peneliti meneliti tentang peluang dan tantangan penerapan hukum pidana Islam di Kota Padangsidimpuan. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana peneliti langsung observasi ke lapangan dengan mewawancarai beberapa tokoh masyarakat terkait peluang dan tantangan penerapan hukum pidana Islam di Kota Padangsidimpuan. Temuan dalam penelitian ini, bahwa peluang penerapan hukum pidana Islam di Kota Padangsidimpuan ini sangat sempit lebih banyak tantangannya baik tantangan dari luar non Muslim dan dari dalam yaitu dari umat Islam sendiri, yang mana kebanyakan masyarakat mengnggap sudah cukup dengan aturan KHUP yang ada saat ini, bahkan banyak tokoh masyarakat berpendapat bahwa peenrapan hukum pidana Islam akan memancing kecemburuhan sosial.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Hukum pidana Islam; Tokoh masyarakat; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Ahwal Syakhsyiah/Hukum Perdata Islam
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:51
Last Modified: 02 Sep 2020 02:51
URI: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item